Home » KENDALA DEPOT

KENDALA DEPOT

Beberapa kendala di usaha Depot Air Minum adalah :

  1. Persepsi masyarakat akan kualitas depot air minum yang kurang higienis yang terbukti masih ada kandungan bakteri e-coli dan lainnya  :   
    1. Saya tidak menyalahkan persepsi ini karena memang ditemukan depot air minum yang kualitasnya dibawah standar. 
    2. Saya juga tidak menyalahkan pemilik depotnya yang sangat awam terhadap filtrasi, operasional dan kualitas mesin yang dipergunakan.
    3. Saya juga tidak menyalahkan supplier yang menjual paket depot spt itu karena tidak sedikit pula yang awam tentang filtrasi maupun kualitas barang yang dijualnya karena kebanyakan mereka hanya TRADING, alias jual beli saja dan tidak pernah menggunakannya apalagi buka usaha depot air minum isi ulang tersebut.
    4. Saya juga tidak menyalahkan bagi supplier yang PAHAM tentang filtrasi dan paham tentang kualitas barang yang dijualnya, dan tetap menjual barang dengan kualitas dibawah standard, KARENA banyak calon pembeli yang hanya mau membeli dengan harga yang MURAH, maka dijuallah barang yang murah, sesuai dengan kualitasnya. Bagaimana pun juga Supplier juga perlu usahanya jalan dan dagangannya laku, demi DAPUR NGEBUL.
    5. Saya juga tidak menyalahkan kinerja SDM yang kadang tidak mengikuti prosedur dalam pencucian galon, pengisian galon, hingga pemeliharaan mesin, karena memang tidak mudah untuk melatih SDM untuk bisa sesuai dengan prosedur. Apalagi bila pemilik depot tidak punya prosedurnya, jadi mau ikuti prosedur yang mana?
    6. Pemilik depot jarang mau melakukan penggantian filter bahkan pemipaan dalam waktu tertentu secara periodik karena mengganggap masih bagus bagus saja dan masih bisa dipakai, padahal namanya bakteri tidak kelihatan kasat mata. Kadang juga pemilik depot tidak tahu kapan harus diganti, karena supplier biasanya tidak pernah mengunjunginya lagi bahkan ada pula supplier yang sudah ganti profesi.
    7. Pemilik jarang mengecek hasil air  ke lab untuk pemeriksaan bakteri setiap bulannya, dan juga kadang merasa tidak ada komplain, maka dianggap aman aman saja.

 

Maraknya persaingan tidak sehat antara depot air minum, dengan perang harga, yang menjadikan Pelanggan bingung mau beli yang mana, dan kebanyakan memilih yang harga terendah. Dengan berjalannya waktu, pelanggan air akan mengetahui kualitas dan pelayanannya sehingga sadar bahwa harga akhirnya dapat dikalahkan kualitas dan pelayanan.

 

Biasanya pemilik depot yang melakukan PERANG HARGA adalah tidak mempunyai konsep pemasaran yang jelas dan pasti, dan tidak ingat bahwa di perkotaan adalah AIR CARI ORANG, Bukan seperti di pedesaan, ORANG CARI AIR.  Simak artikel di blog Fudji Wong

 RASA AIR RO PAHIT – saat mendapat pelanggan adalah mudah, tapi setelah beberapa saat pelanggan tidak mau lagi repeat order alias tidak mau membeli lagi karena rasa air pahit.

    1. Pahit ini dikarenakan air RO adalah air hampir murni, sehingga hampir tidak ada apa apa di dalam air ro itu. Jadi kalau sudah terbiasa minum air mineral maka akan merasakan perbedaan yang mencolok ketika minum air ro. Hal ini lah yang akhirnya menurunkan omset penjualan depot air minum.
    2. Karena terbentur masalah ini, maka dilakukan study dan berbagai formulasi hingga pada tahun 2007 FujiRO menemukan formulasi menjadikan AIR RO enak sekali dan filter tersebut dinamakan FilTER RASA yang sampai hari ini hanya dipakai pada mesin FujiRO saja.

 

  1. Peraturan Pemerintah yang menyatakan bahwa salah satunya adalah :
    1. Depot tidak boleh diantar
    2. Depot tidak boleh ada merk
    3. Depot tidak boleh di segel tutupnya
    4. Depot tidak boleh stok airnya dll dll

 

  1. GALON
    1. Galon baru ditukar galon jelek –  Saat buka depot, galon kita baru baru dan mulus, ketika di tempat pelanggan, galon kita ditukar oleh depot lain dengan yang jelek jelek, karena kurangnya pengawasan dari pihak pelanggan maupun orang yang di rumah pelanggan. 
    2. Galon banyak bocor dan pecah yang tidak ada yang mengaku bersalah yang akhirnya menjadi tanggungan pemilik depot, yang merupakan kerugian.
    3. Akhirnya setelah sekitan lama, kemudian FujiRO menemukan managemen galon yang efektif.

 

  1. KOMPLAIN
    1. Komplain pelanggan karena airnya bau tanah, ada jentik, ada kotoran di dalam air dll dll
    2. Biasanya pemilik depot bingung mau ngomong apa, padahal banyak sekali hal bisa dijelaskan kepada pelanggan tentang sebab musabab terjadinya hal spt itu. Tapi karena pemilik depot yang awam yang tidak mendapatkan pelajaran maupun pelatihan, sehingga tidak dapat menjelaskan dengan rasional, sehingga pelanggan pun kabur.
    3. Kebanyakan hanya dijawab sebatas : “biasanya tidak ada apa apa, dan yang lain tidak komplain kok.”.. dan akhirnya pelanggan pun enggan berdebat dan kabuurr…
    4. Maka dari itu perlu pemahaman dari seluk beluk filtrasi, kondisi alam / cuaca, operasional maupun faktor X.

 

  1. DELIVERY
    1. Pada awal buka depot, siapa saja di tawari untuk menjadi pelanggan dan tidak peduli jarak pengantaran, karena umumnya orang buka depot dan ada yang beli, senang sekali. Saya pun demikian awalnya. Tapi saat sudah berjalan, pesanan 1 galon harus diantar dengan jarak yang lumayan jauh, akhirnya menjadi beban karena ongkos antar saja tidak cukup untuk itu. Akhirnya tidak terkirim dan pelanggan pun kecewa. Inilah bagian dari komitment yang dilanggar sendiri karena tidak adanya konsep yang jelas tentang pengantaran.
    2. TERLAMBAT pengiriman  adalah sering dilakukan oleh hampir semua pemilik depot dengan berbagai macam sebab, dari sdm tidak masuk, pelanggan yang tidak tentu pengambilannya, maupun faktor lainnya.
    3. Oleh karena ini diperlukan management delivey yang tidak mudah dilakukan, dan tidak mudah dipikirkan anda sendiri.
    4. Dengan pengalaman sekian tahun Akhirnya FujiRO mempunyai managemen delivery ini yang pada tahun 2013 mendekati sempurna, dimana Pelanggan malah lebih suka terlambat !  Ikuti pelatihan kami untuk mengetahui caranya.

 

Tidak ada kata terlambat untuk belajar.  Anda bisa belajar secara OTODIDAK seperti saya sejak 2001 atau anda mau Belajar kepada orang yang berpengalaman di bidangnya, yang tidak sekedar teori, sehingga bisa lebih cepat menuju keberhasilan.

Semua hal pasti ada kendala, tidak mulus spt yang diharapkan, Tugas kita lah yang sudah diberi AKAL oleh Yang Maha Kuasa untuk dapat mencari CARA untuk mengatasinya dan menyelesaikannya dengan baik, sehingga kendala pun tidak menjadi masalah besar maupun menghambat kemajuan kita dalam hal usaha apapun, maka SUKSES pun dalam genggaman kita, amin.

Silahkan ke FujiRO untuk diskusi dan merencanakan dari persiapan tempat, strategy, pelatihan filtrasi, pemahaman market di kota anda, managemen galon, management delivery dll dll agar anda tidak perlu risau dan hapuskan keraguan dari daftar anda !

Good Luck, Good Health !

FUDJI WONG – wong desa yang HEBAT jual air ro.